Senin, 05 Januari 2015

Prosesi Pernikahan Adat Batak

 
Pernikahan Adat Batak

Pernikahan Adat Batak

Prosesi Pernikahan Adat Batak ini, di awali dengan prosesi  Mangarisika. Yaitu proses kunjungan utusan pria yang tidak resmi ke tempat wanita dalam rangka penjajakan. Jika pintu terbuka untuk mengadakan peminangan maka pihak orang tua pria memberikan tanda mau (tanda holong dan pihak wanita memberi tanda mata). Jenis barang-barang pemberian yang biasa di gunakan untuk barang pemberian dapat berupa kain, cincin emas, dan lain-lain . Lalu di lanjutkan dengan tahapan Marhori-hori Dinding/marhusip.
Pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum. Pada Pernikahan adat Batak ini sang mempelai juga harus berdiskusi mengenai Uang Jujur yang akan di berikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Prosesi ini di sebut Marhata Sinamot dimana Pihak kerabat mempelai pria (dalam jumlah yang terbatas) datang kepada kerabat mempelai wanita untuk melakukan marhata sinamot, membicarakan masalah uang jujur (tuhor).
Dalam proses Pernikahan adat batak, ada beberapa ritual atau kegiatan unik yang di lakukan mempelai dan juga keluarga untuk mempererat dan mempersatukan kedua keluarga calon pengantin. salah satu proses adat yang wajib di laksanakan sebelum melangsungkan Pernikahan Adat Batak ini adalah Pudun Sauta.
Dalam upacara adat Pundun Sauta ini Pihak kerabat pria tanpa hula-hula mengantarkan wadah sumpit berisi nasi dan lauk pauknya (ternak yang sudah disembelih) yang diterima oleh pihak parboru dan setelah makan bersama dilanjutkan dengan pembagian Jambar Juhut (daging) kepada anggota kerabat, yang terdiri dari:
  • Kerabat marga ibu (hula-hula)
  • Kerabat marga ayah (dongan tubu)
  • Anggota marga menantu (boru)
  • Pengetuai (orang-orang tua)/pariban
  • Diakhir kegiatan Pudun Saut maka pihak keluarga wanita dan pria bersepakat menentukan waktu Martumpol dan Pamasu-masuon. 
Masih banyak prosesi Pernikahan Adat Batak yang harus di lalui mempelai, Sebelum upacara pernikahan di gelar. Prosesi tersebut akan dibahas dalam postingan selanjutnya. :)

Pernikahan Adat Batak

Pernikahan Adat Batak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar